25 September 2017

Benarkah yogurt dibuat dari susu basi?

yogurt rumah yogurt


Ketika berbincang-bincang soal yogurt, ada pandangan dari sejumlah orang yang mengatakan bahwa yogurt berasal dari susu basi. Pandangan ini sepertinya cukup populer sehingga ada kesan memang begitu adanya.

Yogurt dianggap berasal dari susu basi mungkin dikarenakan oleh rasa khasnya yang asam, lalu karena yogurt berasal dari susu, maka dikait-kaitkan dengan susu yang sudah kadaluarsa.

Anggapan seperti ini tentunya tidak benar.

Yogurt memang berasal dari olahan susu, tapi rasa asam yang dihasilkan bukanlah karena susunya basi. Susu yang sudah basi tentunya tidak boleh lagi dikonsumsi dan harus dibuang, sedangkan untuk yogurt, ia aman dinikmati oleh siapa saja bahkan oleh bayi sekalipun.

Lalu, dari manakah rasa asam yang ada pada yogurt?

Rasa asam yang dimiliki yogurt berasal dari proses fermentasi yang dilakukan oleh bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus (kultur yogurt). Kedua jenis bakteri adalah bakteri baik yang berguna untuk kesehatan manusia.

Lactobacillus umum ditemukan pada mulut, saluran pencernaan, dan organ kewanitaan. Kehadiran bakteri ini bermanfaat karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap penyakit seperti diare, infeksi bakteri, dan serangan jamur pada organ kewanitaan.

Sedangkan bakteri Streptococcus Thermopilus digunakan untuk membantu mengurai susu menjadi yogurt dan hasil penguraian inilah yang memberikan rasa asam pada yogurt.

Pembuatan yogurt sendiri dilakukan dengan mencampurkan kultur yogurt ke dalam susu yang kemudian didiamkan selama kurang lebih delapan sampai sepuluh jam. Baru setelah itu, dimasukan ke dalam alat pendingin untuk disimpan, dan kemudian dikonsumsi oleh manusia.

Lalu apakah bedanya dengan susu basi?

Susu basi pada dasarnya adalah susu sudah rusak karena terjadi proses pembusukan di dalamnya. Ketika ini terjadi, zat-zat yang terkandung dalam susu ikut menjadi rusak dan tidak lagi layak untuk dikonsumsi.

Rumah Yogurt sendiri menjual yogurt selalu dalam keadaan baru. Sehingga ketika dikonsumsi kebaikan yogurt yang ada di dalamnya masih dalam kondisi segar.

Begitu pun ketika yogurt dijadikan bahan olahan lainnya, seperti Fruit Salad. Di sini, kesegaran yogurt dan buah menjadi satu dan mewujud menjadi sebuah cemilan yang tak hanya nikmat di lidah, tapi juga sehat di badan.

Produk - Daftar Harga - Pesan - Facebook - Instagram

 



No comments:

Post a Comment